UNAS.

10:46:00 PM

Udah lama ga ngepost blog! It felt like forever! haha. Tampilan blogger sampe udah brubah. ckckck..jd kembali katrok. Ini post pertamaku di sepanjang blog ini yg pakek Bahasa Indonesia, meskipun bukan yang baik dan benar dan sesuai EYD. hahaha. Yang penting ngepost deh. Di post pertama ini aku mau crita soal UNAS.

Jadi, UNAS sudah berlalu, tepatnya besok sudah 4 minggu yang lalu. Tapi terasanya sudah lamaaaa sekali. Bahkan, di minggu pertama setelah minggu UNAS, udah terasa kayak 1 bulan. Mungkin itu yg terjadi kalo kita habis meletakkan beban buanyak di otak. haha. Tapi seminggu setelah UNAS itu aku masih kebawa2 soal UNAS. Mimpi kadang bisa bangun2 inget 1/5sinxcosx, trus mimpi soal reaksi netralisasi, bangun2 kayak harus mbunderi LJK. hahaa uaneh2, tapi mbanyoll. Asik wes habis UNAS isa masih kebawa2 kek gitu.

The whole story, aku dapet "chocochip" (that's what friends in school say to replace the word "answer key") sebelum UNAS. Aku niatnya jaga2, kalo ada mata pelajaran yang ga bisa (khususnya fisika yg plg serem) aku bakal pake kunci niatnya. Tapi itu pun sudah terbeban rasa bersalah. Alhasil, aku ganti ketentuannya jadi: Aku bakal kerja sebisaku, dan kalo nilai fisikaku 3,75/4 aja aku udah ga bakal liat kunci. Temen2 pada bilang aku pasti ga kuat dan kebawa liat kunci. Tapi aku blg jangan salah, aku dr awal SMA ga pernah nyontek dan ga pernah nyontekin orang! >:) Bahkan kalo denger bocoran jawaban scr ga sengaja di saat aku ga bisa ngerjain soal, ga akan aku salin. Itu yg aku bs banggain dari aku! (di kehidupan persiswaan) Dan kalian para adek2 kelas juga harus seperti itu lho. Nyontek itu ga enak, hasil ga murni. Sedikitpun ga murni ga mantap rasanya. Nilai meskipun elek tapi kalo hasil murni itu lebih lego. hahaha ENOUGH curhat! Bukan maksud sombong ya tadi, cuman pengen share lho. hehe halal ditiru itu. Trus akhirnya UNAS pun dimulai..

Hari pertama. BI.
Aku bangun pagi melek mata, buka SMS udah ada chocochipnya. Wow. Aku ketawa sendiri baca SMS itu, lucu ae pagi2 buka SMS wes ada chocochip. Kyk wes di sogoki kemenangan instan. Huahaha. Aku pertama mau nyatet paket itu ada suara dari hati nuraniku yang paling sangat teramat dalam sedalam lautan, kalo aku nyatet kunci sama aja dong aku ga percaya sm Tuhan dr pertama? Udah nyiapin cheat duluan dan ga percaya sm bantuan dr yg diatas? Wahh bener juga. Tapi akhire yo tak tulis pisan. :| Dan aku nyatet 2 paket doang di papan LJKku, di sisi kiri dan kanan. Karena papan LJKku ada motif kotak2, aku tulisin kode berupa garis2 kecil di kotak2 e itu. Dan aku mulai merasa bakat jadi agen rahasia. HAHAHA. Aku cuman pengen cocokin doang, apa chocochip ini bener2 chocochip ato chocochip tipuan? haha Dan aku kerja BI. Aku dr pertama dah komit, ga akan liat kunci sebelum selesai kerja soal. Tujuannya adalah: Biar aku ga nyocok2in n pengen ganti, siapa tau kejawil bisikan sesat. haha. Setelah aku kerja retretret, aku coba cocokin sm kunci, wehh ternyata kunci tembuss!!! Shockingnews. Aku lumayan banyak salah, tp cukup asal aku lulus sudah puas. Jd aku ga liat lg deh. hehe lgsg tutup LJK semua, aku mencoba tidur.

Hari kedua. Inggris. Fisika.
Malem sebelum Inggris dan Fisika, setelah aku belajar giat segiat mengejar matahari, aku doa dan baca Alkitab, di dalamnya ada ayat yang sangat menempil aku dan aku terdorong sampai 5 meter jauhnya di alam bawah sadarku, seperti tertemplak. Ini ayatnya di 1 Korintus 3:13-15 ; 18-19 ; 23. You get what it means, right? Intinya yg aku dpt, mendingan jadi bodoh bagi dunia tapi hasilnya murni di hadapan yg Di Atas, drpd pinter bagi dunia tp hasil nya cheating. Hmmh mantap nih halaman.... Dan aku bertekad bulat tidak akan melihat dan mencatat kunci untuk siap2! Lalu waktu pelajaran B. Inggris, aku ngerobek LJK!!! Semua dikarenakan gejolak emosi yang kuat dalam ragaku untuk segera mengakhiri UNAS....tapi aku bohong. HAHA. Entah mengapa, ada noda kecil di LJKku, aku mau ne ngehapus, padahal ga keras sama sekali gosokanku, serius sueerrr ga bohong, cuma tk sentuh2no, dan LJK iku bolong. Aku gatau mbayangno mbolongi LJK!!! Dan aku nunjukin ke pengawas e, pengawas e mengeluarkan respon semacam kecewa dan letih meladeni seperti ini (karena beberapa detik sebelumnya, temanku juga gak sengaja ngerobek LJK, aku sendiri sampek merenungkan beberapa detik untuk mengaku, masak 2 LJK robek di waktu dekat, terdengar sangat ceroboh nanti siswa sekolahku). Lalu aku ngotot dan menjelaskan kronologinya bahkan sampek tak tunjuki td caraku menghapus noda iku dan dia tidak percaya, tetap katanya memandang ke seluruh kelas: "Pelan2 kalo ngehapus jangan ditekan ya! Ga ada gantinya lagi ini kalo ada yg robek lagi." Yasudah aku nyerah dan duduk..jd agak ilfeel mbe UNAS. Tapi UNAS goes on. Setelah dpt LJK baru cepet2 ngerjano. Dan di saat2 terakhir B. Inggris, tanganku wes letih, wes meh e putul, tak pekso sampek suooro rasae mbunderi. Bayangin, aku sudah mbunderi semua identitasku dengan namaku yang panjang: "Reinhard Budiman O S", itu belum kalo Onggowijaya Sugihartone masih ada space buat ditulis. Tapi untung e isa selesai 10 menit sblm waktu berakhir. Walaupun identitas e jd agak kurang rapi, tp aku harap kebaca wes.. Yg tak takutin sampe skrg cuma ini. Habis e Inggris aku wes gaiso mikir, letih rasae. Aku curhat ke teman2 dan katanya nama lengkap ga usah ditulis gitu, cuma Reinhard B O S gitu aja gapapa. Tapi sudah terlanjur dr hari pertama aku nulis e gitu, yawes lah...mo diopokno. Trus aku akhir e lagi....nulis hal maksiat lagi. 3 paket kali ini.. Lalu fisika kukerjakan sampai selesai, cukup lumayan, dan tak cocokin sm kuncinya ternyata masih lulus :) Fisika kali ini emg ga sesusah di tryout2..yg mungkin juga krn aku ga pernah telaten sm fisika selama tryout2.

Hari ketiga. Matematika.
Ini wes, tak peker guampang. Ternyata susah e ram.. Apalagi aku dpt paket C, yang anak2 gosipkan dr hari pertama kalo paket C paling susah. HASSTAGA. Aku ga nulis chocochip blas untuk Mat iki. Kok kuwalik kabeh.. Aku sampe selesene mat itu sampek gualau, takut ga lulus. Akhir e jawaban ku tk tulis kabeh dek papan LJKku, aku pengen nyocokno cekno tenang selama menunggu hasil UNAS.. Mari Mat, tk cocokno dengan chocochip yg temanku punya (krn chocochipku tak hapus pagi itu juga), dan untung tung tung lulus... Meskipun nilai ga bagus, tp tenang wes..

Hari keempat. Kimia. Bio.
Aku rencana siapin chocochip di salah 1 mapel, dan kimia yg terpilih. Kali ini aku lebih vulgar dikit, tak tulis tulisan "SUKSES" di papan LJKku, trus dalem e ada garis2 maksiat seperti di kotak2 sebelumnya. HAHA tapi kevulgaran itu serasa hilang setelah aku ngeliat temenku yg nulis chocochip jauh lebih vulgar, ga vulgar lagi mudo rosoe, dia nulis di kertas tempel, kode2 bentuk segitiga, kotak, dsb trus ditempel di LJK, 5 kertas itu. Apa ga kurang seksi -_- haha. Dan kimia GUAMPANG POL! Suantai buuuanget kerjane. Aku serasa ga perlu cocokin, jadi aku selonjor angkat kaki selama menunggu waktu berakhir, tapi akhirnya aku cocokin juga, norak yo. Dan tuntas dengan nilai lumayan! Menurutku bagus, sampai aku cerita temenku yg anak OSN, "Guampang ya kimiae!!" dia bilang "Apae, susah rere!!!!" trus aku bilang "Guampang yato! Tak hitung loh aku mek salah *sekian*" trus de agak terpaku dan akhirnya dengan tega bilang "Salah segitu kok mbo bilang gampang"............tampaknya aku curhat dengan orang yang salah. Lalu Biologi. Cukup mudah di awal2, di akhir2 susah krn aku gak begitu konsen sama persilangan, hereditas, dan sanak familinya. Jadi aku tau aku lulus dengan hasil cukupan. Karena banyak juga jawaban yang ambigu.. Setelah berakhir, menunggu waktu habis aku mulai menghitung bulatan2 identitasku sampai kode soal dan sebagainya, 37 bulatan!!!!! No wonder tanganku serasa akan patah di hari kedua, 37 bulatan x2 = 74 bulatan, ditambah 50 soal Bahasa Inggris, 124 -______- jelas sudah. Lalu setelah bio dan waktu untuk keenam mapel berakhir, bio ku tak cocokin banyak yang bener (aku ga mau tanya pendapat temanku yg OSN itu lagi, kapok), seperti dugaan teman2, ambigunya biologi itu mudah ditebak!!! Dan aku lega. Cuman takut B. Inggris tok. Tapi, SEMUA BERAKHIR!!!!

Dan itulah euphoriaku di hari terakhir dan seterusnya. Meskipun banyak masalah lagi yg dateng setelah itu. :) Di post selanjutnya yg besok akan tak post aku meh curhat cukup akeh. Intinya, setelah UNAS berakhir, aku baru mikir, kalo aku ga cocok2in jawaban gitu, mungkin emang ga tenang, tapi rasa seneng e bakal lebih meluap di tanggal 26 (pengumuman kelulusan) kalo aku ga cocokin jawaban. :) Bener banget itu.. Jadi rasae seneng2e agak biasa ae lek misal (lek misal) aku tau aku lulus ntar. Tapi yo..wes lah, sudah kadung. Cuman agak sedikit berpikir jadinya. Yang aku leganya, aku ga memanfaatkan chocochip SAMA SEKALI akhirnya seperti dugaanku di awalnya. :) Dan terimakasih untuk kekuatan Tuhan aku bisa ngelaluin dengan cukup baik. Bersyukur banget, yang semester 1 aku pikir bakal keteteran dan gila karena UNAS, ternyata aku masih normal2 saja dan bisa mengetik dengan lancar sekarang..meskipun kadang huruf "c" keyboardku ngadat seperti 3 detik yang lalu. *abaikan* Oke. Itu yg aku mau curhatin dulu. Maaf kalo pake Bahasa Indonesia nya ga baek dan benar bahkan campur jowo dikit. Piye meneh.. Wess itu sek. Maaf juga jadi serasa celoteh anak. Pesen buat adek2, cemungud ea kalo mo UNAS, jangan terlalu dipikir krn tidak sesusah yang dikira :) (Aku bohong, ada mapel yg lebih susah) Yg penting study your best and let God do the rest.. Kalo bisa jangan pake chocochip, buat nyocokin kyk aku sekalipun. hehe. Intie yg penting ngoyoh, kata guru matku Pak Sapto sg mirip Sean Kingston, "Yang paling ngoyoh dapet yang terbaik". So....just let your sweat and exercise your brain out! :)

ZEMANGAK!

You Might Also Like

0 feedbacks